KARTU SOAL
ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Kelas/Semester : VIII/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Nama Unit
Kerja : MTs. Al Khoiriyyah
Mata Pelajaran : Matematika
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Jml. Butir
Soal : 25 nomor
Bentuk
Penilaian : Tes Tertulis
Kompetensi
Dasar yang Diuji
|
Melakukan
operasi aljabar.
|
Indikator
|
Menjelaskan definisi koefisien, variabel, konstanta dan suku.
|
Indikator Soal
|
Menentukan koefisien, variabel, konstanta dan suku
|
Nomor Soal
|
1
|
Ranah Penilaian
|
Pemahaman Konsep
|
Soal
|
Koefisien x dari adalah ...
a.
2
b.
-1
c.
4
d.
3
|
Kunci Jawaban
|
B
|
KARTU SOAL
ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Kelas/Semester : VIII/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Nama Unit
Kerja : MTs. Al Khoiriyyah
Mata Pelajaran : Matematika
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Jml. Butir
Soal : 25 nomor
Bentuk
Penilaian : Tes Tertulis
Kompetensi
Dasar yang Diuji
|
Melakukan
operasi aljabar.
|
Indikator
|
Menjelaskan definisi koefisien, variabel, konstanta dan suku.
|
Indikator Soal
|
Menentukan koefisien, variabel, konstanta dan suku
|
Nomor Soal
|
2
|
Ranah Penilaian
|
Pemahaman Konsep
|
Soal
|
Pada bentuk aljabar terdapat ... variabel.
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
|
Kunci Jawaban
|
B
|
KARTU SOAL
ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Kelas/Semester : VIII/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Nama Unit
Kerja : MTs. Al Khoiriyyah
Mata Pelajaran : Matematika
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Jml. Butir
Soal : 25 nomor
Bentuk
Penilaian : Tes Tertulis
Kompetensi
Dasar yang Diuji
|
Melakukan
operasi aljabar.
|
Indikator
|
Menjelaskan definisi koefisien, variabel, konstanta dan suku.
|
Indikator Soal
|
Menentukan koefisien, variabel, konstanta dan suku
|
Nomor Soal
|
3
|
Ranah Penilaian
|
Pemahaman Konsep
|
Soal
|
Suku tiga terdapat dalam bentuk aljabar ...
a.
b.
c.
d.
|
Kunci Jawaban
|
C
|
KARTU SOAL
ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Kelas/Semester : VIII/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Nama Unit
Kerja : MTs. Al Khoiriyyah
Mata Pelajaran : Matematika
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Jml. Butir
Soal : 25 nomor
Bentuk
Penilaian : Tes Tertulis
Kompetensi
Dasar yang Diuji
|
Melakukan operasi aljabar
|
Indikator
|
Menyelesaikan operasi tambah dan kurang pada bentuk aljabar.
|
Indikator Soal
|
Menyelesaikan operasi penjumlahan pada bentuk aljabar
|
Nomor Soal
|
4
|
Ranah Penilaian
|
Penalaran dan komunikasi
|
Soal
|
Hasil penjumlahan = ...
a.
b.
c.
d.
|
Kunci Jawaban
|
A
|
KARTU SOAL
ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Kelas/Semester : VIII/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Nama Unit
Kerja : MTs. Al Khoiriyyah
Mata Pelajaran : Matematika
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Jml. Butir
Soal : 25 nomor
Bentuk
Penilaian : Tes Tertulis
Kompetensi
Dasar yang Diuji
|
Melakukan operasi aljabar
|
Indikator
|
Menyelesaikan operasi tambah dan kurang pada bentuk aljabar.
|
Indikator Soal
|
Menyelesaikan operasi pengurangan pada bentuk aljabar
|
Nomor Soal
|
5
|
Ranah Penilaian
|
Penalaran dan komunikasi
|
Soal
|
Hasil pengurangan adalah ...
a.
b.
c.
d.
|
Kunci Jawaban
|
D
|
KARTU SOAL
ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Kelas/Semester : VIII/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Nama Unit
Kerja : MTs. Al Khoiriyyah
Mata Pelajaran : Matematika
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Jml. Butir
Soal : 25 nomor
Bentuk
Penilaian : Tes Tertulis
Kompetensi
Dasar yang Diuji
|
Melakukan operasi aljabar
|
Indikator
|
Menyelesaikan operasi kali, bagi, dan pangkat pada bentuk aljabar
|
Indikator Soal
|
Menyelesaikan operasi perkalian pada bentuk aljabar
|
Nomor Soal
|
6
|
Ranah Penilaian
|
Penalaran dan komunikasi
|
Soal
|
Hasil dari = ...
a.
b.
c.
d.
|
Kunci Jawaban
|
C
|
KARTU SOAL
ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Kelas/Semester : VIII/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Nama Unit
Kerja : MTs. Al Khoiriyyah
Mata Pelajaran : Matematika
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Jml. Butir
Soal : 25 nomor
Bentuk
Penilaian : Tes Tertulis
Kompetensi
Dasar yang Diuji
|
Melakukan operasi aljabar
|
Indikator
|
Menyelesaikan operasi kali, bagi, dan pangkat pada bentuk aljabar
|
Indikator Soal
|
Menyelesaikan operasi pembagian pada bentuk aljabar
|
Nomor Soal
|
7
|
Ranah Penilaian
|
Penalaran dan komunikasi
|
Soal
|
Hasil dari = ...
a.
b.
c.
d.
|
Kunci Jawaban
|
B
|
KARTU SOAL
ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Kelas/Semester : VIII/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Nama Unit
Kerja : MTs. Al Khoiriyyah
Mata Pelajaran : Matematika
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Jml. Butir
Soal : 25 nomor
Bentuk
Penilaian : Tes Tertulis
Kompetensi
Dasar yang Diuji
|
Melakukan operasi aljabar
|
Indikator
|
Menyelesaikan operasi kali, bagi, dan pangkat pada bentuk aljabar
|
Indikator Soal
|
Menyelesaikan operasi pangkat pada bentuk aljabar
|
Nomor Soal
|
8
|
Ranah Penilaian
|
Penalaran dan komunikasi
|
Soal
|
Hasil dari = ...
a.
b.
c.
d.
|
Kunci Jawaban
|
C
|
KARTU SOAL
ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Kelas/Semester : VIII/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Nama Unit
Kerja : MTs. Al Khoiriyyah
Mata Pelajaran : Matematika
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Jml. Butir
Soal : 25 nomor
Bentuk
Penilaian : Tes Tertulis
Kompetensi
Dasar yang Diuji
|
Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
Indikator
|
Menentukan
faktor suku aljabar
|
Indikator Soal
|
Menyelesaikan pemfaktoran dengan sifat distributif
|
Nomor Soal
|
9
|
Ranah Penilaian
|
Penalaran dan komunikasi
|
Soal
|
Faktor dari = ...
a.
b.
c.
d.
|
Kunci Jawaban
|
A
|
KARTU SOAL
ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Kelas/Semester : VIII/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Nama Unit
Kerja : MTs. Al Khoiriyyah
Mata Pelajaran : Matematika
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Jml. Butir
Soal : 25 nomor
Bentuk
Penilaian : Tes Tertulis
Kompetensi
Dasar yang Diuji
|
Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
Indikator
|
Menentukan
faktor suku aljabar
|
Indikator Soal
|
Menyelesaikan pemfaktoran dengan selisih dua kuadrat
|
Nomor Soal
|
10
|
Ranah Penilaian
|
Penalaran dan komunikasi
|
Soal
|
Faktor dari = ...
a.
b.
c.
d.
|
Kunci Jawaban
|
A
|
KARTU SOAL
ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Kelas/Semester : VIII/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Nama Unit
Kerja : MTs. Al Khoiriyyah
Mata Pelajaran : Matematika
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Jml. Butir
Soal : 25 nomor
Bentuk
Penilaian : Tes Tertulis
Kompetensi
Dasar yang Diuji
|
Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
Indikator
|
Menguraikan bentuk
aljabar kedalam faktor-faktornya
|
Indikator Soal
|
Menyelesaikan pemfaktoran dengan selisih dua kuadrat
|
Nomor Soal
|
11
|
Ranah Penilaian
|
Penalaran dan komunikasi
|
Soal
|
Faktor dari = ...
a.
b.
c.
d.
|
Kunci Jawaban
|
B
|
KARTU SOAL
ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Kelas/Semester : VIII/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Nama Unit
Kerja : MTs. Al Khoiriyyah
Mata Pelajaran : Matematika
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Jml. Butir
Soal : 25 nomor
Bentuk
Penilaian : Tes Tertulis
Kompetensi
Dasar yang Diuji
|
Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
Indikator
|
Menguraikan bentuk
aljabar kedalam faktor-faktornya
|
Indikator Soal
|
Menyelesaikan pemfaktoran dengan bentuk dengan
|
Nomor Soal
|
12
|
Ranah Penilaian
|
Penalaran dan komunikasi
|
Soal
|
Faktor dari ...
a.
b.
c.
d.
|
Kunci Jawaban
|
B
|
KARTU SOAL
ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Kelas/Semester : VIII/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Nama Unit
Kerja : MTs. Al Khoiriyyah
Mata Pelajaran : Matematika
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Jml. Butir
Soal : 25 nomor
Bentuk
Penilaian : Tes Tertulis
Kompetensi
Dasar yang Diuji
|
Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
Indikator
|
Menguraikan bentuk
aljabar kedalam faktor-faktornya
|
Indikator Soal
|
Menyelesaikan pemfaktoran dengan bentuk dengan
|
Nomor Soal
|
13
|
Ranah Penilaian
|
Penalaran dan komunikasi
|
Soal
|
Faktor dari = ...
a.
b.
c.
d.
|
Kunci Jawaban
|
D
|
KARTU SOAL
ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
Kelas/Semester
: VIII/ Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2015/2016
Nama Uint Kerja : MTs. AL
KHOIRIYYAH
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
Jml. Butir Soal : 25
Nomor
Bentuk Penilaian : Tes
Tertulis
Kompetensi
Dasar Yang di uji
|
1.3
Memahami relasi dan fungsi
|
Indikator
|
1.3.1 Mengenal Relasi
|
Indikator
Soal
|
Ditanyakan
arti dari relasi
|
Nomor Soal
|
14
|
Ranah
Penilaian
|
Pemahaman
Konsep
|
Soal
|
Secara Umum Relasi di artikan sebagai….
a.
Hubungan beberapa himpunan
b.
Hubungan antara anggota suatu himpunan
dengan anggota himpunan lain
c.
Pemetaan
d.
Korespondensi satu-satu
|
Kunci
Jawaban
|
D
|
KARTU SOAL
ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
Kelas/Semester
: VIII/ Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2015/2016
Nama Uint Kerja : MTs. AL
KHOIRIYYAH
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
Jml. Butir Soal : 25
Nomor
Bentuk Penilaian : Tes
Tertulis
Kompetensi
Dasar Yang di uji
|
1.3
Memahami relasi dan fungsi
|
Indikator
|
1.3.2 Menyatakan relasi dalam bentuk diagram
panah, diagram cartesius, dan himpunan pasangan berurutan
|
Indikator
Soal
|
Ditanyakan
disajikan dengan cara apa relasi dua himpuanan
|
Nomor Soal
|
15
|
Ranah
Penilaian
|
Pemahaman
Konsep
|
Soal
|
Suatu relasi dari dua himpunan dapat
dinyatakan dengan cara berikut, kecuali…
a.
Himpunan pasangan berurutan
b.
Diagram panah
c.
Diagram Venn
d.
Diagram Cartesius
|
Kunci
Jawaban
|
C
|
KARTU SOAL
ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
Kelas/Semester
: VIII/ Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2015/2016
Nama Uint Kerja : MTs. AL
KHOIRIYYAH
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
Jml. Butir Soal : 25
Nomor
Bentuk Penilaian : Tes
Tertulis
Kompetensi
Dasar Yang di uji
|
1.3
Memahami relasi dan fungsi
|
Indikator
|
1.3.2 Menyatakan relasi dalam bentuk diagram
panah, diagram cartesius, dan himpunan pasangan berurutan
|
Indikator
Soal
|
Diketahui
Himpunan A dan B, ditanyakan himpunan pasangan berurutan
|
Nomor Soal
|
16
|
Ranah Penilaian
|
Pemecahan
masalah
|
Soal
|
A= {2,3,4,5} dan B= {0,1,2,3,4}. Himpunan
pasangan berurutan yang menyatakan relasi “dua lebihnya dari” dari himpunan A
ke himpunan B adalah…
a.
{(2,0),(3,1),(4,2),(5,3),(6,4)}
b.
{(2,4),(3,5),(4,6),(5,7)}
c.
{(2,0),(3,1),(4,2),(5,3)}
d.
{(2,4)}
|
Kunci
Jawaban
|
C
|
KARTU SOAL
ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
Kelas/Semester
: VIII/ Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2015/2016
Nama Uint Kerja : MTs. AL
KHOIRIYYAH
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
Jml. Butir Soal : 25
Nomor
Bentuk Penilaian : Tes
Tertulis
Kompetensi
Dasar Yang di uji
|
1.3
Memahami relasi dan fungsi
|
Indikator
|
1.3.2 Menyatakan relasi dalam bentuk diagram
panah, diagram cartesius, dan himpunan pasangan berurutan
|
Indikator
Soal
|
Disajikan
diagram panah, ditanyakan relasi dari himpunan A ke himpunan B
|
Nomor Soal
|
17
|
Ranah
Penilaian
|
Pemahaman
Konsep
|
Soal
|
Relasi dari himpunan A ke himpunan B pada diagram
panah di bawah adalah…
a.
Lebih dari
b.
Kurang dari
c.
Faktor dari
d.
Kurang satu dari
|
Kunci
Jawaban
|
D
|
KARTU SOAL
ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
Kelas/Semester
: VIII/ Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2015/2016
Nama Uint Kerja : MTs. AL
KHOIRIYYAH
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
Jml. Butir Soal : 25
Nomor
Bentuk Penilaian : Tes
Tertulis
Kompetensi
Dasar Yang di uji
|
1.3
Memahami relasi dan fungsi
|
Indikator
|
1.3.2 Menyatakan relasi dalam bentuk diagram
panah, diagram cartesius, dan himpunan pasangan berurutan
|
Indikator
Soal
|
Disajikan
diagram cartesius, ditanyakan pasangan angka pada himpunan
|
Nomor Soal
|
18
|
Ranah
Penilaian
|
Pemahaman
Konsep
|
Soal
|
Dari diagram Cartesius di samping, pasangan
dari angka 2 pada himpunana pertama adalah…
a.
1
b.
3 dan 5
c.
1 dan 4
d.
3
|
Kunci
Jawaban
|
C
|
KARTU SOAL
ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
Kelas/Semester
: VIII/ Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2015/2016
Nama Uint Kerja : MTs. AL
KHOIRIYYAH
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
Jml. Butir Soal : 25
Nomor
Bentuk Penilaian : Tes
Tertulis
Kompetensi
Dasar Yang di uji
|
1.3
Memahami relasi dan fungsi
|
Indikator
|
1.3.3 Mendefinisikan fungsi dan membedakan
antara relasi dan fungsi
|
Indikator
Soal
|
Diketahui
pernyataan, dinyatakan pernyataan yang benar mengenai relasi, fungsi, dan
korespondensi satu-satu
|
Nomor Soal
|
19
|
Ranah
Penilaian
|
Penalaran
dan Komunikasi
|
Soal
|
Diketahui pernyataan-pernyataan berikut :
1.
Setiap relasi adalah fungsi
2.
Setiap fungsi adalah relasi
3.
Setiap fungsi adalah korespondensi
satu-satu
4.
Setiap korespondensi satu-satu adalah
fungsi
Dari
pernyataan-pernyataan di atas, yang merupakan pernyataan benar adalah…
a.
Hanya 1 dan 3
b.
Hanya 1 dan 4
c.
Hanya 2 dan 4
d.
Hanya 2 dan 3
|
Kunci
Jawaban
|
C
|
KARTU SOAL
ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
Kelas/Semester
: VIII/ Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2015/2016
Nama Uint Kerja : MTs. AL
KHOIRIYYAH
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
Jml. Butir Soal : 25
Nomor
Bentuk Penilaian : Tes
Tertulis
Kompetensi
Dasar Yang di uji
|
1.3
Memahami relasi dan fungsi
|
Indikator
|
1.3.4 Menjelaskan notasi dan nilai fungsi serta
menentukan domain, kodomain, dan range suatu fungsi
|
Indikator
Soal
|
Ditanyakan
fungsi yang anggotanya sealau berpasangan
|
Nomor Soal
|
20
|
Ranah
Penilaian
|
Penalaran
dan Komunikasi
|
Soal
|
Pada Sebuah fungsi, daerah yang semua
anggota-anggotanya selalu berpasangan adalah….
a.
Domain
b.
Kodomain
c.
Domain dan kodomain
d.
Domain dan range
|
Kunci
Jawaban
|
D
|
KARTU SOAL
ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
Kelas/Semester
: VIII/ Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2015/2016
Nama Uint Kerja : MTs. AL
KHOIRIYYAH
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
Jml. Butir Soal : 25
Nomor
Bentuk Penilaian : Tes
Tertulis
Kompetensi
Dasar Yang di uji
|
1.3
Memahami relasi dan fungsi
|
Indikator
|
1.3.4 Menjelaskan notasi dan nilai fungsi serta
menentukan domain, kodomain, dan range suatu fungsi
|
Indikator
Soal
|
Diketahui
himpunan pasangan berurutan, ditanyakan domainnya
|
Nomor Soal
|
21
|
Ranah
Penilaian
|
Pemahaman
Konsep
|
Soal
|
Diketahui himpunan pasangan berurutan dari
suatu pemetaan adalah {(1,2),(2,5),(3,4), (4,3)} Doamin dari pemetaan
tersebut adalah…
a.
{2,3,4,5}
b.
{1,2,3,4}
c.
{1,2,3,4,5}
d.
{2,3,4}
|
Kunci
Jawaban
|
B
|
KARTU SOAL
ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
Kelas/Semester
: VIII/ Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2015/2016
Nama Uint Kerja : MTs. AL
KHOIRIYYAH
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
Jml. Butir Soal : 25
Nomor
Bentuk Penilaian : Tes
Tertulis
Kompetensi
Dasar Yang di uji
|
1.3
Memahami relasi dan fungsi
|
Indikator
|
1.3.5 Merumuskan banyaknya pemetaan dari dua
himpunan
|
Indikator
Soal
|
Diketahui
pemetaan A ke B, ditanyakan banyaknya pemetaan
|
Nomor Soal
|
22
|
Ranah
Penilaian
|
Pemecahan
Masalah
|
Soal
|
Banyaknya pemetaan yang mungkin dari
A={1,2,3} ke B={a,b} adalah…
a.
4
b.
6
c.
8
d.
9
|
Kunci
Jawaban
|
C
|
KARTU SOAL
ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
Kelas/Semester
: VIII/ Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2015/2016
Nama Uint Kerja : MTs. AL
KHOIRIYYAH
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
Jml. Butir Soal : 25
Nomor
Bentuk Penilaian : Tes
Tertulis
Kompetensi
Dasar Yang di uji
|
1.3
Memahami relasi dan fungsi
|
Indikator
|
1.3.6 Menjelaskan korespodensi satu-satu
|
Indikator
Soal
|
Diketahui
pernyataan-pernyataan, ditanyakan korespondensi satu-satu
|
Nomor Soal
|
23
|
Ranah
Penilaian
|
Penalaran
dan Komunikasi
|
Soal
|
1.
Siswa dengan kartu anggota OSIS
2.
Siswa dengan ukuran sepatunya
3.
Negara dengan Ibu kotanya
4.
Siswa dengan tanggal lahirnya
Dari
pernyataan diatas yang terdapat korespondensi satu-satu adalah pernyataan….
a.
1 dan 2
b.
1 dan 3
c.
2 dan 4
d.
3 dan 4
|
Kunci
Jawaban
|
B
|
KARTU SOAL
ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
Kelas/Semester
: VIII/ Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2015/2016
Nama Uint Kerja : MTs. AL
KHOIRIYYAH
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
Jml. Butir Soal : 25
Nomor
Bentuk Penilaian : Tes
Tertulis
Kompetensi
Dasar Yang di uji
|
1.3
Memahami relasi dan fungsi
|
Indikator
|
1.3.7 Menjelaskan Penyajian Fungsi
|
Indikator
Soal
|
Ditentukan
Himpunan pasangan berurutan A,B,C,D , ditanyakan pemetaan
|
Nomor Soal
|
24
|
Ranah
Penilaian
|
Pemecahan
Masalah
|
Soal
|
Ditentukan A={(1,1),(2,3), (3,5),(3,7)}
B={(2,1),(3,3), (3,5),(5,5)}
C={(1,2),(2,3), (4,6),(5,8)}
D={(1,1),(3,2), (5,3),(7,4)}
Dari
himpunan pasangan berurutan di atas, yang merupakan pemetaan adalah…
a.
A dan B
b.
A dan C
c.
B dan C
d.
C dan D
|
Kunci
Jawaban
|
D
|
KARTU SOAL
ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
Kelas/Semester
: VIII/ Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2015/2016
Nama Uint Kerja : MTs. AL
KHOIRIYYAH
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
Jml. Butir Soal : 25
Nomor
Bentuk Penilaian : Tes
Tertulis
Kompetensi
Dasar Yang di uji
|
1.3
Memahami relasi dan fungsi
|
Indikator
|
1.3.8
Menentukan rumus fungsi
|
Indikator
Soal
|
Diketahui
rumus fungsi f dan dua buang fungsi f, ditanyakan nilai a dan b
|
Nomor Soal
|
25
|
Ranah
Penilaian
|
Pemecahan
Masalah
|
Soal
|
Suatu Fungsi f yang dirumuskan dengan
f(x)=ax+b diketahui bahwa f(1)=3 dan f(-3)=11. Nilai a dan b berturut-turut
adalah…
a.
4 dan-1
b.
4 dan 7
c.
-2 dan 1
d.
-2 dan 5
|
Kunci
Jawaban
|
D
|
KARTU SOAL
ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Kelas/Semester : VIII/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Nama Unit
Kerja : MTs. Al Khoiriyyah
Mata Pelajaran : Matematika
Bentuk Soal : Essai
Jml. Butir
Soal : 5 nomor
Bentuk
Penilaian : Tes Tertulis
Kompetensi
Dasar yang Diuji
|
Melakukan
operasi aljabar.
|
Indikator
|
Menyelesaikan operasi tambah dan kurang pada bentuk aljabar.
|
Indikator Soal
|
Menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bentuk
aljabar
|
Nomor Soal
|
26
|
Ranah Penilaian
|
Penalaran dan Komunikasi
|
Soal
|
Sederhanakanlah ...
a. Jumlahkanlah
b. Kurangkanlah
|
Kunci Jawaban
|
a.
=
=
=
b.
=
=
=
|
KARTU SOAL
ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Kelas/Semester : VIII/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Nama Unit
Kerja : MTs. Al Khoiriyyah
Mata Pelajaran : Matematika
Bentuk Soal : Essai
Jml. Butir
Soal : 5 nomor
Bentuk
Penilaian : Tes Tertulis
Kompetensi
Dasar yang Diuji
|
Menguraikan
bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
|||||||||
Indikator
|
Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
|||||||||
Indikator Soal
|
Menyelesaikan pemfaktoran dengan bentuk dengan
|
|||||||||
Nomor Soal
|
27
|
|||||||||
Ranah Penilaian
|
Penalaran dan Komunikasi
|
|||||||||
Soal
|
Faktorkanlah !
|
|||||||||
Kunci Jawaban
|
= (
|
KARTU SOAL
ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
Kelas/Semester
: VIII/ Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2015/2016
Nama Uint Kerja : MTs. AL
KHOIRIYYAH
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Bentuk Soal :
Uraian
Jml. Butir Soal : 5
Nomor
Bentuk
Penilaian : Tes Tertulis
Kompetensi
Dasar Yang di uji
|
1.3
Memahami relasi dan fungsi
|
Indikator
|
1.3.2 Menyatakan relasi dalam bentuk diagram
panah, diagram cartesius, dan himpunan pasangan berurutan
|
Indikator
Soal
|
Diketahui
himpunan A dan B. Ditanyakan pernyataan relasi A ke B
|
Nomor Soal
|
28
|
Ranah
Penilaian
|
Pemecahan
Masalah
|
Soal
|
Diketahui
A= {1,4,9,16} dan B={1,2,3,4,5}. Tulis suatu pernyataan relasi dari A ke B
sedemikian hingga jika setiap anggota A dihubungkan dengan tepat pada salah
satu anggota B !
|
Kunci
Jawaban
|
Relasi
dari A ke B sedemikian hingga setiap anggota A dihubungkan dengan tepat pada
salah satu anggota B adalah “ kuadrat dari”
1 kuadrat
dari 1
4 kuadrat
dari 2
9 kuadrat
dari 3
16 kuadrat
dari 4
Atau jika
ditunjukan dengan diagram pana menjadi :
|
KARTU SOAL
ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
Kelas/Semester
: VIII/ Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2015/2016
Nama Uint Kerja : MTs. AL
KHOIRIYYAH
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Bentuk Soal :
Uraian
Jml. Butir Soal : 5
Nomor
Bentuk Penilaian : Tes
Tertulis
Kompetensi
Dasar Yang di uji
|
1.3
Memahami relasi dan fungsi
|
Indikator
|
1.3.2 Menyatakan relasi dalam bentuk diagram
panah, diagram cartesius, dan himpunan pasangan berurutan
|
Indikator
Soal
|
Diketahui Himpunan M dan N. Ditanyakan himpunan
pasangan berurutan
|
Nomor Soal
|
29
|
Ranah
Penilaian
|
Pemecahan
Masalah
|
Soal
|
Diketahui
M={1,2,3} dan N={a,b,c,d}
Tentukan
himpunan pasangan berurutan dari M x N
|
Kunci
Jawaban
|
M x N=
{(1,a),(1,b),(1,c),(1,d),(2,a),(2,b),(2,c),(2,d),(3,a),(3,b),(3,c),(3,d)}
|
KARTU SOAL
ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
Kelas/Semester
: VIII/ Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2015/2016
Nama Uint Kerja : MTs. AL
KHOIRIYYAH
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Bentuk Soal :
Uraian
Jml. Butir Soal : 5
Nomor
Bentuk Penilaian : Tes
Tertulis
Kompetensi
Dasar Yang di uji
|
1.3
Memahami relasi dan fungsi
|
Indikator
|
1.3.5 Merumuskan banyaknya pemetaan dari dua
himpunan
|
Indikator
Soal
|
Diktahui
himpunan P dan L. Ditanyakan bnyaknya pemetaan
|
Nomor Soal
|
30
|
Ranah
Penilaian
|
Pemecahan
Masalah
|
Soal
|
Diketahui
P ={faktor dari} dan L= {bilangan prima <7}. Tentukan banyaknya pemetaan
yang mungkin dari:
a.
P ke L
b.
L ke P
|
Kunci
Jawaban
|
a.
Banyaknya himpunan yang mungkin dari P ke L
adalah = 81
b.
Banyaknya himpunan yang mungkin dari L ke P
adalah = 64
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar